Penasaran? Inilah Review Film ‘Doctor Strange’

Doctor Strange'

Pembukaan Doctor Strange menceritakan mengenai karakter superhero dari Marvel Universe. Karakter utama Stephen Strange sebagai Dokter Bedah terkemuka yang dapat menyembuhkan banyak masalah pembedahan melalui kecerdasan dan tangan yang ahli membedah. Muda, kaya, tampan, cerdas dan karir yang gemilang dalam kedokteran sesuai digambarkan kepada Dr. Strange. Namun sikapnya yang angkuh dan acuh tak acuh membuat lingkungan sekitarnya menjadi kurang menerimananya.

Setelah diceritakan singkat mengenai prestasi dan hubungan Dr. Strange dengan lingkungan tiba – tiba Dr. Strange mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan tangannya tidak dapat berfungsi dengan baik. Lalu, kesialan bertubi – tubi datang menghampiri, seperti; Uang yang habis untuk penyembuhan, lingkungan yang mulai meninggalkan, ditinggal oleh pasangannya; Christine Palmer karena bersikap terlalu keras, frustasi karena tidak dapat bekerja kembali.

Namun, Dr. Strange mendapat suatu informasi ketika di pusat rehabilitasi trauma bahwa ada pasien yang pernah mengalami kecelakaan yang berakibat lebih parah namun dapat hidup seperti biasa kembali. Dr. Strange langsung saja mencari tahu pasien tersebut dan menanyakan bagaimana dan sebagainya. Setelah dijelaskan bahwa yang dicari oleh Dr. Strange ialah Kamar-Taj di Kathmandu, Nepal.

Disinilah petualangan Dr. Strange dimulai, dimana Dr. Strange diberitahukan untuk pergi untuk mencari pengobatan alternatif untuk penyembuhan tangannya. Ketika sampai di tempat tersebut, Dr. Strange skeptis dan sebagainya karena melihat tempat dan penjelasan yang menurut Dr. Strange tidak masuk di akal.

The Ancient One begitu disebutnya, menjelaskan bahwa dalam dimensi ada banyak variabel yang tidak dapat dijelaskan dengan logika. Dibuktikan dengan menggunakan gambaran yang menarik, futuristik dan realistik.

Setelah itu, Dr. Strange belajar dengan sangat cermat dan cepat juga berteman dan berlatih dengan Wong dan Karl Mordo. Namun, Kamar-Taj juga memiliki ancaman dari mantan master yang dulunya juga adalah murid The Ancient One seperti Dr. Strange yang bernama Kaecillius dan pengikut.

Kaecillius dan pengikut dalam cerita ini digambarkan sebagai seorang yang memiliki pandangan bahwa manusia perlu untuk melebihi waktu, dimana dapat hidup abadi dan terbebas dari jeratan waktu. Maka dari itu, Kaecillius bersedia untuk melakukan apapun bahkan membunuh The Ancient One yang pada akhirnya juga dilakukan oleh Kaecillius demi memanggil Dormammu.

Pertarungan yang dikemas dengan visual yang sangat menarik dengan efek yang bagus membuat pertarungan antara Kubu The Ancient One / Dr. Strange v. Kaecillius menjadi sangatlah baik untuk dinikmati. Dimana diceritakan juga bahwa bumi memiliki 3 Sanctum ( Sejenis benteng pertahanan dari Dormammu ) yang berada di London, Hongkong, dan New York.

Kemampuan khusus Dr. Strange yaitu mengatur waktu termasuk menghentikan dan mengembalikan waktu sangat menentukan kemenangan yang didapatkan oleh Kubu Dr. Strange. Pada akhirnya Dr. Strange berhadapan dengan Dormammu untuk mencegah Dormammu menghancurkan Bumi, namun dengan strategi dan mental pantang menyerah Dr. Strange dapat memenangkan pertarungan dan membuat perjanjian dengan Dormammu sepakat dengan penawaran yang diberikan oleh Dr. Strange, yaitu; pergi dari bumi juga bawa Kaecillius dan pengikutnya bersama Dormammu.

Akhir cerita, Dr. Strange dapat menyelamatkan bumi dan menjadi salah satu Master juga. Namun, kisah sedih yang terjadi ialah ketika Karl Mordo yang kecewa terhadap tindakan The Ancient One yang menggunakan kekuatan yang sama dengan Dormammu untuk mendapatkan kehidupan yang abadi membuat Karl Mordo pergi meninggal Kamar-Taj dan sebagai master.

Spoiler Alert

Dr. Strange bertemu dengan Thor di New York yang membicarakan mengenai bantuan Dr. Strange membantu Thor untuk mencari Loki di bumi.

Pesan Moral

  • Jangan sia-siakan waktu, kesempatan, kemampuan, orang dan sebagainya yang ada. Karena ketika kita sedang lemah, kita tetaplah membutuhkan orang lain.
  • Jangan terlalu ambisius untuk mendapatkan sesuatu terutama hal yang dipaksakan berdasarkan ego diri sendiri

Penilaian terhadap Film

  • Audio & Visual :           8 / 10
  • Cerita             :           5 / 10

(sm/id)

LEAVE A REPLY