Rumah Sang Jenderal VOC “Van Der Parra” di Depok, Mengenaskan

Rumah sebagai saksi bisu peninggalan Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus Van Der Parra. Gubernur yang memerintah di Batavia sejak 1761 hingga 1775

Inilahdepok.id – Sungguh mengenaskan, reyot dan nyaris rubuh, itulah yang bisa digambarkan dari rumah tua peninggalan zaman Kolonial Belanda yang berlokasi di Kompleks RRI, Sukmajaya, Depok.

Rumah tua bersejarah itu didirikan dan dibangun David J Smith pada 1775 itu kini, kondisi bangunannya sangat mengenaskan. Atapnya runtuh dan sebagian dinding bangunan hancur dan nyaris roboh.

Bacaan Lainnya

Penuh lumut dan semak belukar yang mengelilingi rumah tumbuh subur di tembok dan sekitar halaman. Nampak jelas, rumah bersejarah itu tak diurus dan telantar.

“Rumah bersejarah itu sudah rusak parah dan nyaris roboh,” ucap sejarawan Depok Ratu Farah Diba. seperti dilansir Liputan6

Padahal, pada masanya bangunan ini mempunyai nilai historis. Bangunan yang dulu dibuat megah ini menjadi saksi bisu peninggalan Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus Van Der Parra. Gubernur yang memerintah di Batavia sejak 1761 hingga 1775.

“Rumah tua itu dibangun untuk Yohana, istri kedua Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus Van Der Parra,” papar Farah.

Rusaknya bangunan bersejarah tersebut, RRI selaku pemilik lahan, terkesan melupakan nilai sejarah yang melekat di bangunan tersebut.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Depok diimbau segera menetapkan bangunan itu, sebagai cagar budaya sebagaimana diatur dalam UU No 11 Tahun 2010. Tujuannya, agar memiliki kewenangan dalam mengatur dan menjaga bangunan bersejarah tersebut.

“Sekarang bangunan itu belum ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, dan itu juga belum menjadi aset Pemkot Depok. Maka Pemkot sulit untuk ikut campur hal ini,” pungkas Farah.(vip/id/L6*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *