Partai Idaman “Raja Dangdut” Tak Lolos Seleksi Badan Hukum

Ketua Umum Partai Idaman - H. Rhoma Irama

Inilahdepok.id – Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) akhirnya gagal meraih status badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM.

Partai yang bentukan sang “Raja Dangdut “ Rhoma Irama itu tak lolos dalam seleksi administrasi yang telah ditetapkan Undang-Undang Partai Politik.

Bacaan Lainnya

“Sebagian besar partai tidak lolos karena terganjal dalam syarat administrasi kepengurusan,” kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly saat jumpa pers di Gedung Kemenkumham Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Yasonna mengatakan, salah satu syaratnya, setiap kepengurusan partai politik wajib mencakup seluruh provinsi.

Tidak itu saja, kepengurusan di setiap provinsi paling sedikit 75 persen dari jumlah kabupaten/kota. Serta, paling sedikit 50 persen dari jumlah kecamatan pada kabupaten/kota yang bersangkutan.

Ketentuan tersebut telah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik.

“Bukti keberadaan kantornya di setiap kepengurusan juga harus diverifikasi,” jelas Yasonna.

Pada tahapan ini, ada lima partai politik yang tengah mendaftarkan badan hukum. Kelima partai itu diantaranya, Partai Islam Damai dan Aman (Idaman), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Rakyat, Partai Rakyat Berdaulat, dan Partai Kerja Rakyat Indonesia.

Namun, dari lima partai tersebut, hanya Partai Solidaritas Islam (PSI) yang dinyatakan lolos verifikasi dan mendapat status badan hukum.(ctr/id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *