Imigrasi Kota Depok Amankan Pria Australia Pemilik Cafe di UI

71 Orang Asing Dikenakan Sanksi Oleh Kanim II Depok

Inilahdepok.id – Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, mengamankan SG atau Sayegh Ghassan (62), seorang pria dengan kewarganegaraan Australia, yang diduga telah menyalahi izin dengan mendirikan sebuah kafe dilingkungan Universitas Indonesia (UI).

Menurut Kepala Imigrasi Depok Dudi Iskandar, pihaknya tengah melakukan penyelidikan dengan melakukan penyamaran sebagai pembeli di salah satu kafe milik Sayegh tepatnya di Fakultas Bahasa, Universitas Indonesia. Pihaknya curiga kafe tersebut dimiliki oleh orang asing.

Bacaan Lainnya

“Pria Australia itu diamankan pada hari Jumat kemarin. Kami tangkap tangan sedang melayani pembeli,” ujar Dudi, Senin (3/10/2016).

Pihak Imigrasi kini tengah memeriksa sejumlah saksi diantaranya kasir dan bendahara. Mereka membenarkan bahwa pemiliknya ialah pria  Australia tersebut. Diduga kafe itu telah beroperasi selama satu tahun.

“Menurut aturan, orang asing tidak boleh memiliki sebuah kafe. Ini sedang didalami penyidik,” kata Dudi.

Dudi menjelaskan SG telah melanggar Undang-Undang Keimigrasian Nomor 6 Tahun 2011 Pasal 122 Huruf a yakni tentang penyalahgunaan izin tinggal yang diberikan kepadanya. Akibatnya, pelaku terancam pidana maksimal 5 tahun dan denda maksimal 500 juta

“Dia tidak menggunakan izin yang sesuai. Pada saat kami melakukan pengamanan dan sampai detik ini SG juga tidak dapat menunjukkan dokumennya. Namun kami sudah punya datanya dari data lintas,” papar Dudi.

Dudi menjelaskan, ternyata SG juga telah membuka kafe di Fakultas ISIP. Untuk itu, pihaknya akan berkordinasi dengan Universitas Indonesia untuk menanyakan perihal kafe yang dimiliki Pria berkebangsaan Australia itu.

“Ini cukup menarik. Makanya kami akan koordinasi dengan teman-teman dari UI. Kami juga akan menyelidiki siapa-siapa yang terlibat sampai dia memiliki sebuah kafe,” tutur Dudi.(ctr/id/l*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *