Pemkot Depok Akan Cairkan Dana Bantuan Politik 10 Parpol

Inilahdepok.id – Pemerintah Kota Depok akan mencairkan bantuan dana politik sebesar Rp870,8 juta kepada 10 partai politik (Parpol)  di Kota Depok.

Perhitungan bantuan tersebut dihitung dari jumlah suara yang didapatkan tiap parpol pada Pileg 2014. Setiap satu suara dihargai sebesar Rp1.077.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Depok Dadang Wihana menjelaskan bantuan dana politik dari pemerintah digunakan untuk pendidikan politik, pengkaderan, dan administrasi partai.

“Porsinya 60 persen untuk pendidikan politik dan 40 persen untuk keadministrasian partai,” kata Dadang, usai penandatanganan pemberian bantuan keuangan parpol di Balai Kota Depok.

Ia menuturkan pencairan bantuan keuangan partai ini bakal dicairkan Oktober 2016. Setelah itu, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA). Dana tersebut, kata dia,  akan  dicairkan ke rekening partai politik.

Adapun Parpol yang mendapatkan bantuan terbesar, yakni PDI Perjuangan sebesar Rp178 juta dengan perolehan 165.144 suara.

Sedangkan, partai terkecil yang mendapatkan bantuan Nasional Demokrat (Nasdem).  Sebesar  Rp27 juta dengan perolehan 25.418 suara.

“Dihitungnya persuara untuk pemberian bantuan keuangan ini.  Diambil dari APBD Depok,” jelas dia.

Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo, menuturkan dana Parpol ini  digunakan untuk meningkatkan kaderisasi partai.

Kedepan bantuan ini bisa meningkatkan fungsi pelayanan partai ke masyarakat.

“Dana ini sangat membantu kami.  Dalam proses memperbaiki sistem di partai. Terutama pendidikan kaderisasi dan kepemimpinan,” pungkasnya.(ctr/id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *