Kemegahan Masjid Kubah Emas Yang Memukau

Kemegahan Masjid Kubah Emas - Depok

Inilahdepok.id – Kota Depok, tak beda seperti kota kota lainya di Indonesia yang terus meningkatkan potensi destinasi wisatanya.

Kota Depok adalah sebuah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Kota ini berada di arah selatan DKI Jakarta, atau antara Jakarta dan Bogor.

Bacaan Lainnya

Nama Depok berasal dari istilah kata dari bahasa Sunda yang mempuanyai arti “ Pertapaan atau tempat untuk bertapa “. Namun, ada juga yang mengatakan kalau kata Depok merupakan sebuah akronim dari “ De Eerste Protestants Onderdaan Kerk “ yang artinya yaitu sebuah Gereja Kristen Rakyat Pertama.

Depok yang dulu dikenal sebagai kota kecamatan yang masuk dalam wilayah Kab. Bogor, yang kemudian mendapatkan status sebagai kota administratif pada tahun 1982. Dan dimulai pada tanggal 20 April 1999, Depok resmi ditetapkan menjadi kotamadya yang terpisah dari pemerintah Kab. Bogor.

Kota Depok terdiri atas 11 kecamatan, dan memiliki 63 kelurahan.

Inilah salah satu wisata depok yang patut dikunjungi :

MASJID KUBAH EMAS

Masjid dengan nama  Dian Al Mahri ini diresmikan pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan pelaksanaan sholat Idul Adha 1427 H oleh pendirinya Ibu Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid dan juga Bapak Drs H. Maimun Al Rasyid.

Masjid ini juga biasa disebut Masjid Kubah Emas, sesuai yang menjadi ciri khasnya yaitu pada kubahnya berlapiskan emas.

Seperti diketahui, pembangunan Masjid ini menggunakan unsur material logam emas yang di aplikasikan dengan berbagai tehnik pemasangan, tata letak dan dengan design yang memukau.

Mahkota dan pilar Masjid dilapisi dengan serbuk emas ( prada ), Gold Plating dipergunakan sebagai pelapis ralling tangga mezanin, Pagar mezanin, lampu-lampu gantung dan ornamen

Kaligrafi yang bertuliskan kalimat tasbih diatas langit-langit Masjid dan ornamen dekoratif yang terdapat diatas mimbar Mihrab.

Tidak itu saja yang membuat memukau dan membuat orang berdecak kagum adalah Gold Mozaik Solid yang mengihiasi kubah utama dan kubah-kubah menara

Keindahan Langit-langit kubah
Keindahan Langit-langit kubah

Tidak saja Arsitektur Masjid yang indah, luas areanya hingga 8000m2 ini di bangun diatas tanah seluas 70 Hektar, dan juga merupakan bagian dari konsep pengembangan sebuah kawasan yang terpadu dan diberi nama Kawasan “ Islamic Center Dian Al-Mahri “.

Banyak juga yang menyebutkan Masjid Kubah Emas sebagai sebuah Masjid yang termegah di Asia Tenggara.

Yang luar biasa, Kawasan Masjid ini mampu menampung sekitar 15.000 jamaah untuk pelaksanaan sholat dan juga sekitar 20.000 jamaah untuk pelaksanaan majelis taklim.

Dengan Ruang utama yang berukuran 45×57 meter yang dapat menampung 8.000 jamaah. Masjid ini memiliki 6 minaret yang berbentuk segi enam dan tingginya masing-masing 40 meter.

Ke 6 minaret ini dibalut dengan indahnya granit italia berwarna abu-abu dengan ornamen yang melingkar. Pada puncak minaret terdapat sebuah kubah yang berlapiskan mozaik emas 24 karat.

Konon, Kubah masjid ini mengacu pada kubah yang biasa digunakan di masjid-masjid di Persia dan India yang dibalut dengan mozaik berlapiskan emas 24 karat yang materialnya didatangkan langsung dari Itali.

Yang tak kalah indah, pada langit-langit nya kubah terdapat lukisan langit yang warnanya dapat berubah sesuai dengan warna langit pada waktu-waktu sholat. Hal ini mungkin menggunakan sebuah teknologi tata cahaya yang memang diprogram dengan bantuan komputer.

Karenanya, Kawasan Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri ini dalam perkembangannya sudah menjelma sebagai salah satu tujuan utama wisata religi umat islam.

Bahkan, kawasan Masjid ini pada setiap akhir pekan dan hari libur banyak dikunjungi para pengejar wisata religi yang rata rata mencapai 50.000 jama`ah. Luar biasa.(tt/id)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *