Ngeri..! Kaum Gay Dominasi dari 600 Pengidap HIV di Kota Depok

Gambar Ilustrasi Kaum Gay

Inilahdepo.id – Ada yang membuat cetar tentang menyebarnya penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kota Depok. Yang membuat kita ngeri,ternyata, penyebaran virus HIV melalui hubungan sesama jenis pria dengan pria atau biasa disebut Gay sangat mendominasi.

Sesuai informasi data dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Depok, tercatat dari 548 penderita HIV, 73 nya merupakan kaum gay dan sisanya waria serta hubungan seks bebas.

Bacaan Lainnya

Menurut Sekretaris KPA Kota Depok, Wimbo Asmoro mengungkapkan, penyebaran HIV di Kota Depok paling banyak didominasi kaum Gay.

Dari catatan yang dimilikinya pada 2015, sebanyak 548 penderita HIV di Kota Depok, terdiri dari 17 waria, 73 gay, sisanya menular melalui hubungan seks bebas, penularan dari orangtua, serta penggunaan jarum suntik.

“Ada pergeseran terhadap penularan penyakit HIV di Kota Depok. Sebelumnya dengan menggunakan jarum suntik, namun sekarang melalui pasangan sesama jenis,” ujar Wimbo Asmoro kepada inilahdepok, Jumat (16/09/2016).

Wimbo mengungkapkan, KPA bersama lembaga swadaya masyarakat lainnya, telah melakukan pendataan di Kota Depok terkait dengan keberadaan kaum gay di Kota Depok.

Menurut dia, ada 84 Hotspot tempat berkumpulnya kaum Gay di 11 Kecamatan di Kota Depok, namun tempat tersebut tidak luput dari perhatian dan jangkauan Pemerintah Kota Depok.

Dari data KPA pada 2015, kata dia, ada 2.030 kaum gay di Kota Depok, 1.583 gay telah di konsolidasikan pihaknya. Diantaranya dengan melakukan penyuluhan, pemberian pengaman atau kondom, serta pelumas gratis dari pemerintah.

Tetapi pihaknya hingga kini belum dapat dan sedang berusaha menjangkau kaum lesbi. Wimbo menuturkan, sebanyak 5.000 kondom dan 1.500 hingga 2.000 pelumas gratis untuk pasangan sesama jenis hingga wanita pekerja seksual, untuk menghindarkan mereka dari penyakit HIV.

Ungkap dia, bila tidak segera diambil tindakan, tidak menutup kemungkinan akan bertambah banyak masyarakat terkena penyakit HIV dan AIDS di Depok.

“Kami memberikan kondom dan pelumas gratis di 100 tempat yang telah kami pantau sebelumnya,” papar Wimbo.(ctr/id/ps*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *