MKD: Sudirman Said Harus Pulihkan Nama Baik Setya Novanto

Inilahdepok.id – Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Muhammad Syafi’i ikut komentar terkait permintaan pemulihan nama baik politikus Golkar Setya Novanto, (kini Ketua Umum Partai Golkar ) kepada pimpinan DPR. Permintaan ini menyusul diterimanya gugatan Novanto di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait masalah kasus Papa Minta Saham.

Menurut Syafi’i, yang harus bertanggung jawab atas hukuman sosial yang terlanjur diberikan publik kepada Setya Novanto, tidak lain adalah mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

“Jadi kalau memang MK membuktikan bahwa rekaman yang dibawa itu tidak asli, maka Sudirman Said yang berdosa,” kata Syafi’i di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 15 September 2016.

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, Sudirman Said harus berkoordinasi dengan Setya Novanto untuk merehabilitasi nama mantan Ketua DPR itu. Dikatakannya, permintaan maaf itu bisa saja dilakukan secara terbuka melalui media atau bisa  secara pribadi.

“‎Tapi yang harus merehabilitasi itu adalah Sudirman Said.‎ Sebelum‎ MKD memberikan keputusan, kan Pak Setya sudah mengundurkan diri‎,” kata dia.

Dia juga menambahkan, Sudirman Said harus meminta maaf kepada Setya Novanto karena telah menyebabkan Ketua Umum Golkar itu lengser dari jabatannya sebagai Ketua DPR. Apalagi, kasus yang dilaporkan Sudirman Said telah menjadi biang kegaduhan kondisi dalam negeri saat itu.

“Kalau memang manusia Indonesia yang memahami peradaban,dia (Sudirman Said) harus meminta maaf. Rehabilitasi itu karena pengaduannya palsu,” tegas Syafi’i.(ctr/lp6*)

LEAVE A REPLY