Banjir Masih Jadi Ancaman Kota Depok

    Inilahdepok.id – Hujan deras yang turun selama dua hari ini membuat dibeberapa wilayah di kota depok, dilanda banjir. Wilayah yang sering menjadi langganan banjir diantaranya Kampung Utan, Pondok Jaya, Depok. Banjir yang terjadi umumnya disebabkan sungai yang meluap dan sistem drainase yang sangat buruk.

    “Kami kerahkan dua regu untuk banjir di Kampung Utan dan longsor di Perumahan Mutiara Depok selama dua hari ini. Di musim hujan ini kami terus waspada dan siaga,” kata personil Satgas Banjir Kota Depok, Zen, (8/9/2016).

    Tak hanya di sejumlah jalan dan perumahan namun Kompleks Gedung DPRD Depok juga tergenang. Air sempat menggenangi belasan hinga puluhan kendaraan roda dua dan empat yang diparkir di basement gedung DPRD. Air Kali Cikumpa dan buruknya sistem drainase di lingkungan tersebut menjadi pemicu terjadinya banjir.

    Menanggapi hal itu, anggota Komisi A DPRD Depok Nurhasan mengatakan bahwa drainase di kawasan tersebut harus ditata.

    “Tidak hanya di Gedung DPRD, namun kawasan di Kompleks DPRD ini drainasenya harus ditata, karena ternyata banjir tidak hanya menggenangi Gedung DPRD saja melainkan akses jalan menuju DPRD juga tergenang,” ujar Nurhasan.

    Ia mengakui intensitas hujan cukup tinggi. “Memang yang lumayan besar dan airnya tinggi baru kali ini, sebelumnya juga pernah terjadi namun masih dalam ukuran wajar.

    Ia meminta DPRD menyediakan mesin pompa air untuk antisipasi musim hujan.

    “Sungai yang berada di depan Gedung DPRD kondisinya sudah mulai dangkal, jadi air meluap ke Gedung DPRD. Sementara saluran air tak mampu membuang air ke sungai dikarenakan lebih tinggi air sungai ketika hujan. Dari itu, diperlukan mesin pompa air utuk menyedot air ketika terjadi banjir.” tuturnya.(ctr/id*)

    LEAVE A REPLY