Selesai Banjir, Kini Cagar Alam Diterjang Tanah Longsor

Inilahdepok.id – Warga Depok, sekarang wajib waspada ketika hujan turun. Setelah sebagian wilayah diterjang banjir hingga satu meter, Depok juga diterjang longsor akibat runtuhnya tebing pembatas setinggi 2 meter di sekitar komplek Perumahan Mutiara, Kecamatan Sukmajaya.

Hingga Kamis siang, warga masih tampak bahu membahu membersihkan longsoran dengan dibantu personel TNI. Longsor tersebut tak ayal membuat warga perumahan panik. Terlebih saat tebing yang berada di sekitar Blok GF perumahan tersebut perlahan berjatuhan akibat tak kuat menahan debit air.

“Longsor mulai terjadi pukul 7 malam. Secara mendadak terdengar suara yang mirip dengan petir. Ternyata bukan. Saya lihat dari kaca dapur pakai senter, nggak tahunya tebing yang tingginya 2 meter hancur,” cerita warga setempat , Kamis (8/9/2016).

Mengetahui hal tersebut, ia segera mematikan listrik sambil membereskan barang-barang berharga untuk dibawa mengungsi.

“Saya takut tebing tinggi itu menimpa rumah. Makanya saya bersama keluarga langsun buru-buru ngungsi ke rumah teman saya,” kata Zass.

Hasil pantauan inilahdepok.id,  personel TNI bersama warga sekitar dengan menggunakan alat berat berusaha membereskan beton-beton yang berserakan di badan jalan. Sejumlah warga yang mengungsi juga telah kembali ke rumahnya masing-masing.

Sementara, di tempat lainya, tebing setinggi empat meter di Gang Rambutan, Cagar Alam, Pancoran Mas, Kota Depok juga mengalami longsor. Selain menimpa tembok rumah warga, longsor juga menyebabkan akses jalan ditutup.

“Kejadiannya sekitar pukul 5 sore. Longsor sampai tiga kali. Awalnya sih kecil tapi yang terakhir suaranya mirip gempa. Soalnya berasa banget. Waktu itu kebetulan saya lagi duduk di depan,” tutur Ardi, warga sekitar.

Beruntung petugas dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air cepat datang guna memindahkan puing-puing longsor. Agar longsor tak semakin parah mereka memasang bambu sebagai penahan.

Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di hampir seluruh wilayah Depok pada Rabu kemarin hingga membuat sejumlah sungai meluap. Beberapa tempat yang mengalami banjir adalah Perumahan Pondok Sukmajaya dan kawasan Cilodong, area Pasar Dewi Sartika dan Jalan Raya Sawangan.

“Pengendara motor sudah enggak bisa masuk ke dalam Perumahan Pondok Sukmajaya,” kata Barry, pengendara motor.(ctr/id)

LEAVE A REPLY