- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Kontras: Urusan Pelanggaran HAM di Eranya SBY Lebih Baik

  • Bagikan

inilahdepok.id – Dalam upaya menangani kasus pelanggaran HAM pada masa era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). dinilai lebih baik ketimbang sekarang.

Menurut Kepala Divisi Pemantauan Imunitas Komisi untuk Orang HIilang dan Korban Tinda Kekerasan (Kontras), Feri Kusuma, Presiden Joko Widodo kurang berkomiten dibanding SBY.

“Sekarang ini banyak orang melihat khususnya para korban, dalam hal mencari solusi penanganan kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Presiden SBY jauh lebih baik dibandingkan dengan Jokowi. Dia (Jokowi) mundur ke belakang,” ungkap Feri saat ditemui di kantor Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (4/9/2016).

Baca Juga :  SBY: Mohon Ampun, Moeldoko Tega Dan Berdarah Dingin

Meski kepemimpinan SBY dalam bidang lain tidak terlalu baik, namun menurut Feri, Presiden RI ke-6 itu telah membentuk lembaga-lembaga negara yang bisa mendorong solusi-solusi terkait penyelesaian kasus pelanggaran HAM.

Misalnya Ombudsman, dan Lembaga Perlindugan Saksi dan Korban (LPSK).

“Perbandingan kasarnya seperti itu,” tegas Feri.

Lebih lanjut Feri mengatakan, dalam komitmennya, Presiden Joko Widodo memiliki visi untuk menuntaskan kasus pelanggaran HAM yang selama ini masih terbengkalai.

Baca Juga :  Hmmmm, Kurang Ajar, Usai Remas Payudara, RA Langsung Kabur

Kini, visi tersebut dinilai hanya menjadi dagangan Jokowi untuk menarik simpatik masyarakat, khususnya keluarga korban pelanggaran HAM.

“Visi itu bisa kita simpulkan sekarang bualan kosong, bukan visi yang benar-benar berangkat dari pikiran Jokowi, tapi dari orang lain sebagai slogan kampanye saja,”tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *